Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CPL)

Kompetensi

Capaian Pembelajaran (LO)

I. Aspek Kemampuan Bidang Kerja

Mampu memanfaatkan dan menerapkan IPTEKS dalam bidang agribisnis berbasis lahan kering kepulauan dan kepariwisataan sesuai dengan norma kehidupan masyarakat.

 I.1

Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam mengembangkan agribisnis berbasis lahan kering kepulauan dan kepariwisataan.

 I.2

Mampu mengidentifikasi dan mengelola risiko serta mengantisipasi ketidakpastian pada sistem operasi agribisnis.

 I.3

Mampu merancang dan mengelola sumber daya alam, manusia, modal, dan sosial untuk meningkatkan efisiensi operasi sistem agribisnis.

 I.4

Mampu merancang pengoperasian dan pengembangan unit usaha agribisnis yang inovatif, menciptakan nilai tambah dan berwawasan lingkungan.

 I.5

Mampu merumuskan strategi/kebijakan penggunaan sumber daya dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menghadapi tantangan global bagi pengembangan agribisnis masa depan.

I.6

Mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin.

II. Aspek Pengetahuan

Menguasai konsep dan teori ekonomi, manajemen, komunikasi, penyuluhan, dan kewirausahaan, dan keteknikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan strategik dan operasional yang mampu memecahkan masalah di bidang agribisnis berbasis lahan kering kepulauan dan kepariwisataan.  

 II.1

Menguasai prinsip-prinsip atau teori ekonomi pertanian dan alat analisis, sehingga dapat melakukan pengkajian terhadap hasil-hasil penelitian di bidang agribisnis untuk dapat diterapkan dan dikembangan di masyarakat.

 II.2

Memiliki wawasan yang luas dan pengalaman praktis di bidang agribisnis lahan kering untuk mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan.

 II.3

Memiliki kepekaan terhadap persoalan/masalah sosial, ekonomi,  budaya  masyarakat yang terkait dengan pengembangan masyarakat agribisnis dan pembangunan pertanian.

 II.4

Mampu berpikir analitis dan sintetis untuk mengevaluasi dan memberikan solusi pengembangan pada sistem operasi agribisnis.
 

 II.5

Mampu bernegosiasi dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan dalam pengembangan sistem operasi agribisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

III. Aspek Manajerial (Wewenang dan Tanggung jawab)

Mampu mengambil keputusan strategik dan operasional di bidang agribisnis yang berbasis lahan kering kepulauan dan kepariwisataan dengan menggunakan metode analisis yang sesuai yang dapat memberikan solusi baik secara individu maupun kelompok.  

III.1

Memiliki jiwa leadership, mampu mengambil keputusan bisnis, dan mampu mengembangkan usaha yang berkelanjutan.
 

 

III.2

Mampu memfasilitasi dialog dalam dan antar kelompok pemangku kepentingan agribisnis untuk mendukung proses perumusan dan keberlanjutan kebijakan yang melibatkan peran

serta masyarakat.

Memiliki keterampilan yang memadai dan dapat dipertanggung-jawabkan dalam mengaplikasikan IPTEKS di bidang agribisnis yang berbasis lahan kering kepulauan dan kepariwisataandengan menjunjung tinggi etika bisnis dan tata nilai yang ada di masyarakat.  

 

IV.1

Menjunjung tinggi etika bisnis sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam mengembangkan agribisnis yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
 

IV.2

Memiliki kemampuan manajerial yang dapat dipertanggung-jawabkan dalam mengembangkan agribisnis berbasis lahan kering kepulauan dan kepariwisataan.